Barca Tikam Madrid 1-0


Barcelona - Zlatan Ibrahimovic bikin gol dalam hitungan sekian menit usai diturunkan di babak kedua. Alhasil Barcelona menang 1-0 atas Real Madrid berkat gol Ibra dan kembali merebut pucuk klasemen.

Ibra baru dimainkan pada menit 51 pertandingan di Camp Nou, Senin (30/11/2009) dinihari WIB. Tapi dia hanya butuh lima menit untuk menjebol gawang Iker Casillas.

Sial untuk Barca, beberapa menit usai unggul mereka harus main dengan sepuluh pemain usai Sergi Busquets dikartu merah. Untung buat mereka, lini belakang yang dikomandani Carles Puyol tampak amat solid.

Madrid coba mengejar dengan keunggulan pemain, tapi alih-alih menyamakan kedudukan mereka malah kehilangan Lassana Diarra yang mendapat kartu merah beberapa saat sebelum peluit akhir dibunyikan.

Hasil ini bikin Barca meraih poin 30 sampai dengan jornada 12. Madrid tergeser ke posisi dua dengan angka 28.

Jalannya Pertandingan

Cristiano Ronaldo melakukan penetrasi apik di menit ke-7. Ronaldo menendang bola untuk melewati Carles Puyol dan memenangi adu lari dengannya laantas melepaskan umpan silang kendati Marcelo tak bisa menuntaskan.

Dua menit kemudian ganti Barca menebar ancaman lewat Lionel Messi yang kemudian melepaskan umpan ke arah Thierry Henry. Namun, tendangan Henry masih tepat ke arah Casillas.

Peluang emas untuk Madrid pada menit 20. Dari sayap kiri Marcelo melepaskan umpan ke arah Kaka yang merangsek ke tengah dari sayap kiri dan mengumpan ke kanan di mana Ronaldo siap melanjutkan. Sial untuk dia, sepakannya masih sigap ditepis Valdes.

Madrid memiliki peluang lagi enam menit berselang. Ronaldo dari kanan berlari ke tengah usai menerima bola dari Sergio Ramos. Si kulit bundar lantas mampir dulu ke Kaka sebelum bergulir ke kiri di mana Marcelo berdiri cukup bebas. Namun, dia terlalu lama menyiapkan tendangan dan Puyol sudah menutup alur bola.

Sembilan menit sebelum jeda, Barca menekan dan bola dikuasai Henry di sisi kiri. Dari sudut sempit dia melayangkan bola yang mengarah ke gawang dan memaksa Iker Casillas menepisnya untuk menghasilkan sepak pojok.

Tak lama kemudian, ganti Iniesta yang menguji Casillas. Kembali dari sisi kiri, si gelandang Spanyol melepaskan tendangan keras yang ditahan Casillas sembari menjatuhkan badan.

Memasuki babak kedua, tepatnya menit 54, Madrid mengancam lewat serangan balik. Gonzalo Higuan merancang serangan balik, bekerja satu-dua dan lantas tiba di depan gawang. Namun, reaksi Puyol tak kalah cepat untuk balik ke belakang dan langsung menekel bola.

Dua menit berselang, kebuntuan pecah juga. Zlatan Ibrahimovic yang baru masuk lima menit sebelumnya berhasil menyambar umpan silang dari Dani Alves di sayap kanan dan membuat Camp Nou pecah oleh sorak sorai lewat golnya.

Setelah memimpin 1-0, malapetaka justru datang untuk Barca karena Sergi Busquets dikartu merah di menit ke-62 usai menyentuh bola dengan tangan dan diganjar kartu kuning kedua. Alhasil, Barca pun harus bermain dengan 10 pemain di sisa waktu.

Pepe nyaris saja kehilangan bola di area berbahaya. Dibayangi Ibra, Pepe hampir kecurian di tepi area penalti dan membahayakan gawangnya sendiri kendati itu tidak terjadi. Tak lama berselang di sisi gawang lain tandukan Ronaldo masih melambung dan beberapa saat setelahnya dia ditarik keluar.

Sundulan Pique hampir menggandakan keunggulan Barca pada menit 69. Tapi bola masih menyisir tipis di sisi gawang. Madrid kemudian ganti menekan tapi Puyol kembali melakukan tekel dengan akurasi dan efektivitas apik, kali ini dari hasil sepakan Benzema.

Messi! Dua menit sebelum peluit akhir berbunyi Messi tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Casillas. Tapi sepakannya masih mengenai kaki si kiper nomor satu Spanyol.

Tak lama berselang, jumlah pemain di lapangan imbang lagi usai Lassana Diarra dikartu merah karena melanggar Xavi Hernandez. Kini 10 lawan 10 dengan Barca unggul 1-0, skor yang kemudian bertahan sampai akhir.


Susunan Pemain:

Barcelona: Victor Valdes; Gerard Pique, Carles Puyol, Eric Abidal, Daniel Alves, Sergi Busquets, Seydou Keita (Yaya Toure '66), Xavi, Andres Iniesta, Thierry Henry (Zlatan Ibrahimovic '51), Lionel Messi

Real Madrid: Iker Casillas; Raul Albiol, Pepe, Alvaro Arbeloa (Raul '74), Sergio Ramos, Lassana Diarra, Xabi Alonso, Cristiano Ronaldo (Karim Benzema '65), Kaka, Marcelo, Gonzalo Higuain.
(sumber detiksport.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

Login

Enter your username and password to enter your Blogger Dasboard


Chatting Yuk !