Kejutan Terbesar AS


Bloemfontein - Kemenangan 2-0 Amerika Serikat atas Spanyol menjadi kejutan terbesar di Piala Konfederasi 2009. Hasil ini masuk ke dalam daftar kejutan-kejutan terbesar sepakbola dunia.

Jauh lebih diunggulkan dari segi mana pun, Spanyol yang berstatus juara Eropa dan peringkat satu FIFA dibungkam lewat dua gol dari Jozy Altidore dan Clint Dempsey di Bloemfontein, Kamis (25/6/2009) dinihari WIB.

FIFA pun memasukkan kemenangan AS ini ke dalam daftar kejutan-kejutan terbesar di pentas sepakbola dunia. Di antaranya adalah kemenangan 1-0 Korea Utara atas Italia di Piala Dunia 1966.

AS juga menyamai pencapaian Kamerun yang menumbangkan juara dunia Argentina 1-0 di pembukaan Piala Dunia 1990 serta kemenangan 1-0 Senegal atas juara dunia Prancis di Piala Dunia 2002.

Yang lebih hebat, AS menghentikan rekor 35 partai tak terkalahkan Spanyol, dengan 15 yang terakhir disudahi dengan kemenangan. Ini seperti saat Hungaria yang tidak terkalahkan dalam empat tahun dikalahkan Jerman Barat di Piala Dunia 1954.

Spanyol sendiri bukan kali ini saja menjadi korban kejutan. Di Piala Dunia 1998 di Prancis, Matador dibekap 3-2 oleh tim underdog Nigeria. Namun kekalahan dari AS lebih menyakitkan mengingat Spanyol sedang berada di puncaknya.

AS sendiri sudah bertekad untuk tidak berpuas diri dengan kejutan ini. Tim Paman Sam bisa saja membuat kejutan puncak di partai final saat kemungkinan besar mereka bakal menghadapi Brasil.

"Ini mungkin bukan kejutan terakhir di sini," tukas kiper AS Tim Howard di situs FIFA. "Jika kami bisa menundukkan tim ranking 1, apa yang bisa kami lakukan melawan Brasil atau Afrika Selatan?"

Afrika Selatan akan menjamu Brasil di partai semifinal kedua di Ellis Park, Johannesburg, Jumat (26/6) dinihari WIB nanti. (dikutip dari detiksport.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

Login

Enter your username and password to enter your Blogger Dasboard


Chatting Yuk !