Pecundangi AS 5-0, Meksiko Juara


New Jersey - Meksiko meraih kemenangan fantastis dalam laga final Gold Cup 2009. Menghadapi tuan rumah, Amerika Serikat,El Tri menang 5-0 dan membawa pulang titel juaranya yang kedelapan.

Kemenangan ini terasa spesial bukan hanya karena memastikan diraihnya tropi Gold Cup. Fakta bahwa Meksiko belum pernah sekalipun menang di tanah Amerika sejak Maret 1989, menjadi bumbu yang menambah sedap pesta kemenangan dalam laga yang dilangsungkan di East Rutherford, New Jersey, Senin (27/7/2009) dinihari WIB.

Inilah gelar kedelapan Meksiko di ajang tersebut setelah mereka sebelumnya berhasil memenangi turnamen yang sama pada tahun 1965, 1971, 1977, 1993, 1996, 1998 dan 2003. Sementara buat AS, ini merupakan kekalahan kedua mereka di partai final dalam sebulan terakhir setelah beberapa waktu lalu ditundukkan Brasil pada ajang Piala Konfederasi.

Meski pertandingan berkesudahan dengan lima gol tercipta, namun hingga 45 menit pertama laga tak satupun skor tercipta. Pesta kemenangan Meksiko baru dimulai di menit 54.

Adalah eksekusi penalti Gerardo Torrado yang membawa Meksiko unggul. Dan anak asuh Javier Aguirre tak butuh waktu lama untuk memperbesar keunggulan mereka karena di menit 61 Giovani Dos Santos mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Amerika Serikat yang memilih untuk tidak menurunkan skuad terbaiknya kembali dibuat malu pada menit 65. Striker belia Arsenal, Carlos Vela, menjebol jala Troy Perkins dan mengubah kedudukan menjadi 3-0.

Perkins sesungguhnya tambil bagus dalam laga tersebutdengan menghalau banyak serangan Meksiko. Namun menjadi satu-satunya pemain AS yang "bermain" dalam pertandingan tersebut tetap tak mampu menghindarkan dia dari kebobolan lebih banyak.

Setelah José Castro menjebol jala AS untuk kali keempat di menit 78, Guillermo Franco memastikan kemenangan Meksiko menjadi 5-0 lewat gol yang dia lesakkan satu menit sebelum laga bubar.

Susunan Pemain

AS: Troy Perkins, Jay Heaps, Clarence Goodson, Heath Pearce, Chad Marshall, Robbie Rogers, Kyle Beckerman (Sam Cronin '81), Stuart Holden, Davy Arnaud (Kenny Cooper '63), Logan Pause (Santino Quaranta '63), Brian Ching

Meksiko: Francisco Guillermo Ochoa, José Castro (Carlos Esquivel '88), Fausto Pinto, Juan Valenzuela, Johnny Magallón, Efraín Juárez, Gerardo Torrado, Israel Castro, Alberto Medina (Carlos Vela '45), Miguel Sabah (Guillermo Franco '69), Giovani Dos Santos.
(dikutip dari detiksport.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

Login

Enter your username and password to enter your Blogger Dasboard


Chatting Yuk !