Si Pesawat Kecil Berhenti Terbang


Roma - Sembilan belas tahun sudah Vicenzo Montella berkarir di sepakbola profesional. Setelah perjalanan panjang tersebut, pesepakbola yang dijuluki Pesawat Kecil itu akhirnya berhenti terbang, memutuskan pensiun.

"Saya akan butuh waktu untuk membiasakan diri dengan pilihan ini, tapi ada saat dalam hidup di mana Anda harus membuat pilihan dan memiliki kekuatan untuk berhenti saat orang lain masih memperhatikan," demikian Montella mengemukakan keputusannya untuk gantung sepatu di Roma Channel seperti diberitakan Goal.

Montella memulai karir sepakbola profesionalnya di klub Seri C1, Empoli pada tahun 1990. Dia harus menunggu lima tahun untuk bisa naik ke Seri B saat Genoa memutuskan mengontraknya. Dari sinilah pria kelahiran 18 Juni 1974 itu mulai menapaki sukses.

Mencetak 21 gol dalam 34 penampilan, ketajamannya menarik minat Sampdoria di Seri A. Bersama Il Samp, performanya masih memukau dengan total membuat 54 gol dalam 83 pertandingan, torehan yang memaksa AS Roma merogoh kocek 25 juta euro untuk memboyongnya ke Olimpico.

Montella langsung jadi top skorer Gialorossi di musim pertamanya dengan 18 gol berhasil dibukukan. Namun kedatangan Gabriel Batistuta semusim berselang plus perselisihan dengan Fabio Capello membuat dia kehilangan tempat utama.

Tahun 2007, pemilik 20 caps dengan sumbangan tiga gol buat timnas Italia itu menerima tawaran peminjaman yang diajukan Fulham. Tapi di Inggris dia tak bisa meraih sukses, termasuk saat kembali ke Italia bersama Sampdoria, masih dengan status pinjaman.

Memutuskan gantung sepatu bukan berarti Montella benar-benar putus hubungan dengan sepakbola. Striker yang selalu merayakan gol dengan membentangkan kedua tangan dan melakukan manuver seperti pesawat terbang itu malah masih bertahan di Roma dan menduduki jabatan sebagai salah satu pelatih tim junior klub tersebut.

"Saya berterima kasih pada Roma untuki kesempatan yang telah mereka berikan pada sayauntuk bekerja bersama pemain muda. Itu adalah petualangan yang saya jalani dengan antusias," pungkas Montella yang sempat mengantar Roma menjuarai Seri A di tahun 2001 itu. (dikutip dari detiksport.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

Login

Enter your username and password to enter your Blogger Dasboard


Chatting Yuk !